Aditya Ramadhana (Country Manager Fluke Indonesia): Fluke Memiliki Visi dan Ambisi untuk Memberikan Kontribusi terhadap Indonesia, baik untuk Edukasi dan Industri
Jakarta, Milleniumpost.id
“Fluke adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri yang memberikan solusi produk untuk alat ukur, terutama yang di bidang sektor elektrikal. Nah, di sini, di Indonesia ini, kita sudah ekspansi cukup banyak. Kita cukup mayoritas di industrial, kemudian kita juga bangun dan mengembangkan bisnis kita di sektor tambang, utility, dan juga sekarang ini kita coba untuk penetrasi ke sektor retail. Kenapa retail itu? Karena Indonesia adalah negara yang memiliki populasi yang besar, kemudian itu kita lihat banyak sekali UMKM-UMKM yang sangat membutuhkan produk Fluke. Contoh misalnya, seperti instalatir, orang yang bergerak di bidang servis, dan sebagainya. Nah, itu pasti membutuhkan barang-barang kita. Fluke dulu ini dikenal dengan barang yang premium, tapi sekarang ini kita coba untuk meraih atau menyentuh customer kita yang kira-kira membutuhkan barang yang gak premium. Jadi yang intinya terjangkau di sini,”demikian disampaikan Aditya Ramadhana (Country Manager Fluke Indonesia), di sela-sela acara Awarding Symposium & Exhibition For Sustainable Energy Industry, di IBEA (Indonesia Best Electricity Award) 2025, dari tanggal 3 – 4 July 2025, bertempat di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara Jakarta (4/7/25).
Aditya Ramadhana sebagai Country Manager Fluke untuk Indonesia, menambahkan,” Saat ini produk Fluke sudah dikenal dan dipakai di hampir seluruh Indonesia. cuma hanya saja memang penetrasi kita yang kurang agresif di situ. Sehingga, di tahun ini kita sudah menggandeng dua distributor di retail ini, yang kita harapkan itu bisa membantu kita mendistribusikan. Fluke itu ada di seluruh Indonesia, tapi memang sekarang ini kita masih banyaknya di Jakarta, Surabaya, dan sebagian di Jawa Tengah. Mungkin di akhir semester ini kita akan coba buka di Medan dan Bali.”
Ungkap Aditya Ramadhana lebih lanjut, “Fluke adalah perusahaan dari Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1948. Sejak tahun 2014 Fluke masuk ke Indonesia. Sudah 11 tahun Fluke terus berkembang dan bertumbuh di Indonesia. Dan sekarang ini mungkin kalau kita bicara, hampir semua industri tahu sebetulnya apa itu produk Fluke di Indonesia.”
“Perkembangan bisnis fluke ini pasca COVID-19 naik terus. Sekarang ini dibanding tahun 2021 kita itu tumbuh hampir 4 kali lipat ya dibanding dengan apa yang kita capai saat covid tahun 2020-2021.”pungkas Aditya Ramadhana dengan antusias.
“Untuk target penjualan tentu yang namanya ekspansi bisnis pasti mengikuti. Ya kan ketika kita melakukan ekspansi pasti ada namanya target yang harus kita capai disitu ya. Naik terus dan Alhamdulillah sampai sekarang pun kita tidak mengeluhkan suatu kendala di situ.
Karena pasar Indonesia cukup besar, kita sudah melakukan survei,
bisnis tadi ya, bahwa alat ukuran ini memiliki pasar yang cukup bagus di Indonesia.”kata Aditya Ramadhana.
Terkait persaingan dan kompetitor, Aditya Ramadhana menyatakan,”Kalau kompetitornya, apakah misalnya dari produk Cina ada pengaruhnya enggak? Produk Cina ya, balik lagi, kalau kita bicara masalah dari Cina dan sebagainya,pasti ada yang namanya persaingan di situ. Tapi kembali lagi bahwa kita menempatkan produk kita itu sebagai produk yang akurat, kemudian tangguh, karena kalau kita bicara alat ukur, pasti yang dibutuhkan pasti keakurasiannya. Itu yang membedakan mungkin kalau misalnya teman-teman ini melakukan suatu produksi barang, kalau alat ukurnya itu nggak akurat, pasti kan akan mencong-mencong gitu ya kan, akan nggak presisi.Nah disitu keunggulan dari Fluke ini sering dijadikan sebagai benchmark, sebagai alat yang paling akurat untuk suatu ukuran dan kalibrasi,”
Aditya Ramadhana menegaskan bahwa tahun lalu Fluke telah bekerja sama dengan PLN dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik untuk supply maupun pelatihan-pelatihan. Dan sebenarnya kalau kita bicara masalah dengan pemerintah, banyak laboratorium-laboratorium pemerintah yang sudah menggunakan Fluke juga.Fluke sudah dikenal sebagai Alat yang kita bilang master, alat ukurnya. Jadi sebagai alat yang menjadi acuan apakah ini presisi atau tidak.”
Aditya Ramadhana sebagai Country Manager Fluke di Indonesia, mengatakan, Fluke sebagai Distributor Resmi di Indonesia, telah terkenal menjadi Penyedia solusi pengukur yang handal untuk berbagai kebutuhan industri teknik dan perawatan fasilitas, terutama di bidang sektor elektrikal.
Aditya Ramadhana berharap, dengan adanya acara ini, banyak orang akan mengenal produk dari Fluke yang sudah dapat digunakan dan dimanfaatkan di Indonesia.
Kami ada untuk memberikan solusi dan memberikan bantuan / support untuk masalah alat ukur, dan sudah dapat memperolehnya di Indonesia.
Tambah Aditya Ramadhana,”Di Indonesia Fluke adalah distributor resmi. Kami tidak hanya penyedia perangkat keras (hardware) yang berkualitas, tetapi juga mitra yang dapat diandalkan dalam menghadapi tantangan teknis dalam lingkungan kerja yang semakin kompleks dan terhubung secara digital. Juga penyedia solusi pengukuran yang andal untuk berbagai kebutuhan industri teknik dan perawatan fasilitas.
Sebagai distributor resmi, kami tidak hanya menjual produk, tetapi juga memberikan dukungan pelanggan yang komprehensif. Tim kami siap membantu Anda dalam memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan spesifik pelanggan, memberikan pelatihan tentang penggunaan produk, serta menawarkan layanan purna jual yang memuaskan.
Menutup wawancara dengan para awak media, Aditya Ramadhana menyatakan,” Fluke memiliki visi dan ambisi untuk memberikan kontribusi terhadap Indonesia, baik untuk edukasi dan industri ”.